Friday, June 3, 2011

Survey Peredaran Kosmetik Berbahaya

• Hasil survey tempat yang banyak menjual makeup yang dicurigai berbahaya di Jakarta
Penulis melakukan survei lapangan di tempat – tempat yang cukup banyak menjual kosmetik – kosmetik yang tidak mempunyai kode produksi dan kemasan seta nama produk yang tidak pernah ditemui sebelumnya. Penulis pun memberanikan diri untuk bertanya kepada beberapa penjual dan mengambil foto – foto secara diam – diam karena penulis tidak diperkenankan untuk mengambil foto di tempat mereka.
Selama melakukan sedikit wawancara kepada para penjual, mereka pun mengakui bahwa produk kosmetik yang dijualnya merupakan produk – produk tiruan dari kosmetik asli. Dan dapat dikatakan produk yang mereka jual adalah produk palsu yang tentu saja tidak memiliki kode produksi atau jika ada, itupun adalah palsu. Mereka pun tidak peduli terhadap efek – efek yang ditimbulkan dan tidak khawatir jika adanya pemeriksaan dari petugas ynag berwajib.
Sebagian para penjual pun juga ada yang tidak mengetahui produk yang dijualnya berbahaya atau tidak karena mereka merupakan pegawai yang hanya ditugaskan untuk menjual barang – barang tersebut. Produk yang dijual mempunyai harga yang berkisar mulai dari Rp 15.000,00 hingga Rp 75.000,00 an keatas. Merupakan harga yang cukup mahal karena mereka mengaku produk ini kualitasnya hampir sama dengan yang asli. Namun tentu saja bahan – bahan yang digunakan belum tentu aman karena produk tersebut diimpor dari berbagai negara, khususnya cina, yang biasanya memang menggunakan bahan – bahan berbahaya.




No comments:

Post a Comment