Friday, June 3, 2011

Dampak Penggunaannya di Masyarakat

Dampak penggunaan kosmetik – kosmetik yang mengandung zat berbahaya menurut Azhara & Khasana (2009: 116-120), yaitu:
1) Efek pada kulit:
a) Iritasi
Iritasi dapat timbul pada saat pemakaian pertama kosmetik. Biasanya ini dikarenakan salah satu bahan yang dikandung kosmetik yang digunakan mengandung iritan. Misalnya, sejumlah kosmetik pemutih ,mengandung merkuri.
b) Alergi
Biasanya reaksi ini timbul setelah beberapa kali pemakaian kosmetik tersebut, bahkan setelah bertahun – tahun kemudian. Hal ini biasanya terjadi karena di dalam kosmetik tersebut mengandung bahan yang bersifat alergenik.
c) Fotosensitisasi
Reaksi ini akan muncul setelah kosmetika yang dipakai terkena sinar matahari. Biasanya kosmetik tersebut mengandung zat pewarna dan zat pewangi yang terlalu banyak.
d) Jerawat (acne)
Reaksi ini biasanya langsung muncul dan terjadi karena ketidakcocokan kandungan bahan kosmetik tersebut dengan kulit.
e) Intoksikasi
Intoksikasi bisa disebut juga dengan keracunan. Hal ini terjadi karena penghirupan lewat hidung, mulut, atau penyerapan lewat kulit. Biasanya hal ini terjadi karena kosmetik tersebut mengandung merkuri.
f) Pigmented cosmetic dermatitis
Reaksi ini menyebabkan kulit terasa gatal. Hal ini terjadi karena adanya kontak anatara kulit dengan bahan pewarna yang tidak diperuntukkan untuk kulit.

2) Efek samping pada rambut dan kuku
Efek samping kosmetik pada rambut dan kuku berupa kerontokan rambut, kerusakan kuku dan rambut, serta perubahan warna kuku dan rambut. Pemakaian kosmetik pada kuku atau rambut juga dapat memberikan reaksi pada kulit di sekitarnya, misalnya leher.

3) Efek samping pada mata
Kosmetik mata seperti eyeliner, mascara, eyeshadow atau yang lainnya dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti rasa tersengat, rasa terbakar akibat iritasi oleh zat yang masuk ke mata. Juga dapat menyebabkan infeksi mata ringan sampai berat akibat pemakaian kosmetik yang tercemar kuman.

4) Kelainan pada saluran napas
Keluhan pada saluran napas dapat terjadi pada pemakaian kosmetik, terutama dalam bentuk hair spray atau deodorant spray, yang digunakan di dalam ruangan dengan ventilasi yang sangat buruk.

5) Efek toksik jangka panjang, seperti :
a) Dapat memperlambat pertumbuhan janin.
b) Mengakibatkan keguguran (kematian janin dan mandul).
c) Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu akan timbul lagi dan bertambah parah (melebar).
d) Efek rebound, yaitu memberikan respon berlawanan (kulit akan menjadi gelap dan kusam saat pemakaian kosmetik dihentikan).
e) Bagi wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah.
f) Dapat mengakibatkan kanker kulit, serta kanker lainnya di dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment